Friday, September 27, 2019

CONTOH RPP KEJURUAN SMK JURUSAN ATP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                         : SMKS LPMD Kabun
Program Keahlian                   : Agribisnis Tanaman
Kompetensi Keahlian             : Agribisnis Tanaman Perkebunan
Mata Pelajaran                        : Alat Mesin Pertanian
Kelas/ Semester                       : X/ I ( Satu )
Tahun Pelajaran                       : 2019/ 2020
Durasi                                     : 10 x 45 Menit

A.    Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) : 
Melakukan, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Tanaman Perkebunan. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
KI-4 (Keterampilan) :     
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Tanaman Perkebunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.








B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.   Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

4.1.   Menerapkan K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
3.1.2.      Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.1.1.      Menerapkan K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
4.1.2.      Melakukan  K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
1.      Peserta didik dapat Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
2.      Peserta didik dapat menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.      Peserta didik dapat Menerapkan K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
4.      Peserta didik dapat Melakukan  K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
D.    Materi Pembelajaran
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Saintifik
  2. Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
  3. Model              : Problem Based Learning
F.     Alat dan  Media Pembelajaran
1        Vidio Pembelajaran.
2        Slide Powerpoint.
3        LCD Proyektor.
G.    Sumber Belajar
1.      Hand Out
2.      Internet

H.      Langkah Pembelajaran
Tahap
pemebelajaran
Sintaks
Model Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah Saintifik
Waktu
M
1
M
2
M
3
M
4
M
5
Pendahuluan


1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran






2.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin





3.     Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




ü   
4.     Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.




ü   
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung




ü   
6.     Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,




ü   
7.     Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.




ü   





Inti
Stimulus
1.      Guru menampilkan tayangan tentang peralatan dan kelengkapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

ü   











2.      Siswa mengamati dan Melakukan tayangan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3)





Identifikasi masalah
3.      Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  keselamatan dan kesehatan kerja (K3)





4.      Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3)





Pengumpulan data
1.        Guru meminta siswa mengali informasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3)





2.        Siswa menggali informasi tentang tentang  keselamatan dan kesehatan kerja (K3)




ü   

Pembuktian
1.        Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang  keselamatan dan kesehatan kerja (K3)




ü   
2.        Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.




ü   
Menarik kesimpulan
1.        Siswa menyajikan dalam bentuk  hasil diskusi kelompok tentang   keselamatan dan kesehatan kerja (K3)




ü   
2.        Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3)




ü   

3.        Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru




ü   

4.        Siswa menyimpulkan materi tentang tentang  keselamatan dan kesehatan kerja (K3)




ü   





Penutup

1.      Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas










2.      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.





3.      Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.





4.      Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.





5.      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.





















I.       Penilaian Pembelajaran
a.     Teknik : Non Test dan Test
b.    Bentuk            :
·         Penilaian pengetahuan (Terlampir)
·         Penilaian keterampilan (Terlampir)



Disahkan Oleh
Kepala Sekolah,
Diperiksa Oleh :
Waka Kurikulum,
Kabun,       Juli  2019
Guru Mata Pelajaran,




Depi, S.Pd.I





Latifatul Anggraini, S.Pd





Yundri Qamaruddin, SP




No comments:

Post a Comment

 
>