RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKS LPMD Kabun
Program
Keahlian : Agribisnis
Tanaman
Kompetensi
Keahlian : Agribisnis Tanaman Perkebunan
Mata
Pelajaran : Alat Mesin Pertanian
Kelas/
Semester : X/ I (
Satu )
Tahun
Pelajaran : 2019/
2020
Durasi : 10 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) :
|
Melakukan,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Agribisnis Tanaman Perkebunan. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
|
KI-4 (Keterampilan) :
|
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Tanaman Perkebunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1.
Menerapkan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.1.
Menerapkan K3
dalam penggunaan alat dan mesin produksi
|
3.1.2.
Menjelaskan keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
4.1.1.
Menerapkan K3
dalam penggunaan alat dan mesin produksi
4.1.2.
Melakukan K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran:
1. Peserta didik dapat Menerapkan keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
2. Peserta didik dapat menjelaskan keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
3. Peserta didik dapat Menerapkan K3
dalam penggunaan alat dan mesin produksi
4. Peserta didik dapat Melakukan K3 dalam penggunaan alat dan mesin produksi
D. Materi
Pembelajaran
Keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
- Model : Problem Based Learning
F. Alat dan Media
Pembelajaran
1
Vidio
Pembelajaran.
2
Slide
Powerpoint.
3
LCD
Proyektor.
G. Sumber Belajar
1.
Hand Out
2.
Internet
H. Langkah Pembelajaran
Tahap
pemebelajaran
|
Sintaks
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Langkah
Saintifik
|
Waktu
|
||||
M
1
|
M
2
|
M
3
|
M
4
|
M
5
|
||||
Pendahuluan
|
|
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
|
|
|
|
|||
3. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
ü
|
|||
4.
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
|
|
|
|
|
ü
|
|||
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
|
|
|
|
ü
|
|||
6.
Mengaitkan materi pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan Materi sebelumnya,
|
|
|
|
|
ü
|
|||
7. Guru
menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.
|
|
|
|
|
ü
|
|
||
Inti
|
Stimulus
|
1. Guru
menampilkan tayangan tentang peralatan dan kelengkapan keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
|
ü
|
|
|
|
|
|
2. Siswa mengamati dan Melakukan
tayangan tentang keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
|
|||
Identifikasi
masalah
|
3. Guru
menanyakan maksud dari tayangan tentang
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
|
||
4. Siswa secara berkelompok
mendiskusikan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
|
|||
Pengumpulan data
|
1.
Guru meminta siswa
mengali informasi tentang keselamatan dan kesehatan
kerja (K3)
|
|
|
|
|
|
||
2.
Siswa menggali informasi tentang tentang
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
ü
|
|||
|
Pembuktian
|
1.
Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan
tentang keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
ü
|
|
2.
Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara
berkelompok.
|
|
|
|
|
ü
|
|||
Menarik kesimpulan
|
1.
Siswa menyajikan dalam bentuk hasil
diskusi kelompok tentang keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
ü
|
||
2.
Siswa lain memberikan
tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
ü
|
|||
|
3.
Siswa menerima tanggapan
dari siswa lain dan guru
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
4.
Siswa menyimpulkan
materi tentang tentang keselamatan
dan kesehatan kerja (K3)
|
|
|
|
|
ü
|
|
||
Penutup
|
|
1. Guru
menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas
|
|
|
|
|
|
|
2. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes
tertulis.
|
|
|
|
|
|
|||
3. Guru
memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
|||
4. Siswa
melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.
|
|
|
|
|
|
|||
5. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai
pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
I.
Penilaian Pembelajaran
a. Teknik : Non Test dan Test
b. Bentuk :
·
Penilaian pengetahuan (Terlampir)
·
Penilaian keterampilan (Terlampir)
Disahkan Oleh
Kepala Sekolah,
|
Diperiksa Oleh :
Waka Kurikulum,
|
Kabun, Juli
2019
Guru Mata Pelajaran,
|
|
Latifatul Anggraini, S.Pd
|
Yundri Qamaruddin, SP
|
No comments:
Post a Comment